Cara Nubie Research Keyword Manual Di Google

Hi sob, jumpa lagi di tulisan saya di blog yang jarang diupdate ini. Kali ini kita akan membahas cara research keyword manual di Google yang lagi saya coba sekarang ini. Selain content, keyword atau kata kunci menjadi halyang sangat penting dalam pembuatan artikel untuk blog SEO. Tak jarang kita ngabisin banyak waktu buat research doang, itupun belum tentu bener. Karena sangking sulitnya, banyak programmer yang akhirnya ngebikin aplikasi research keyword agar lebih mudah diaplikasikan, seperti: Semrush dll.

Di dunia persilatan Internet Marketing Indonesia, belakangan ini ada tools yang lagi booming bernama Ezkeyword. Karena konon tool ini sudah banyak digunakan oleh internet marketter bahkan yang awam sekalipun menjadi berpenghasilan luar biasa. Karena saya seorang nubie tulen, akhirnya kepancing juga buat nyobain dan memang sangat simpel sih, sesuai dengan kebutuhan saya, untuk generate keyword, terus check pesaing di Google.

Tapi beberapa hari ini toolnya agak repot saya gunakan, karena fitur Captcha tidak berfungsi. Padahal sudah terlanjut beli credit tool buat skip captcha, dan baru kepakai beberapa kali aja.

Nah, jadi Ezkeyword hanya bisa menggunakan manual captcha, dan itu tidak bisa saya lakukan, karena nggak keliatan. Maklum, saya kan nggak bisa ngeliat gambar, apa lagi gambar begituan :V

Hasilnya, saya research manual lewat Google Search, karena untuk mencari keyword Competition cukup lewat Google saja, dan sebenarnya cara ini bisa digunakan oleh temen2 yang nggak punya tools Ezkeyword.

Cara research keyword manual di Google

  1. Pertama, siapkan kata kunci yang mau di cari kompetitornya. Temen2 bisa generate di Google Keyword Planner atau pakai Semrush. Hus, jangan parno kalau Semrush itu mahal, banyak yang jual murah lho :V kalau mau bisa hubungi saya lewat Facebook.com/riqo.zhi
  2. Terus pilih2in keyword yang dimau. Biasanya saya ambil yang search volume lebih dari 700. Dan usahakan cari yang longtail lebih dari 3 kata
  3. Terus masuk ke Google, kalau untuk target US ke google.com dan target indo ke Google.co.id.
  4. Di kotak pencarian tuliskan: "allintitle:keyword kamu yang mau dicari" tanpa tanda kutip ("). Contoh allintitle:cara menghilangkan jerawat batu
  5. Jreng, hasilnya muncul dan siap di analisa.

Nah, jika hasil pencarian kurang dari 300, maka itu very easy dan siap digarap. Kalau di bawah 700 berarti Easy, dan di atas itu jangan deh, banyak saingannya.

Saya nggak tahu hasil ini valid atau nggak, karena saya melihat hasil generate dari tool Ezkeyword saja. Di Ezkeyword yang dicari pakai tap Competition hanya mencari score (jumlah hasil pencarian) dan Description (very easy, easy, hard, very hard dst) saja.

Maaf juga kalau posting ini "oh, cuma gitu doang", karena saya juga masih nubie banget dan masih banyak harus belajar.

Cukup itu dulu sharingnya, semoga bisa membantu temen2 yang masih belajar research keyword kayak saya.

Advertisement

6 Komentar