Cara Mudah Install Wordpress Di VPS Menggunakan EasyEngine

Hi sob, banyak temen2 yang bingung ketika mau migrasi dari shared hosting ke VPS, Mulai dari bagaimana cara migrasi blog dari shared hosting ke VPS, memilih VPS yang murah namun berkualitas, atau menentukan panel apa yang akan digunakan.

Nah, biasanya untuk blogger pemula (seperti saya), unmanage VPS jadi pilihan karena harganya jauh lebih miring dari pada Manage VPS. Tapi kendalanya adalah saya masih sulit mengutak-atik command Linux di VPS, karena sudah terbiasa menggunakan CPanel.

Di antara panel2 gratisan, ada satu panel yang sangat mudah dalam instalasinya. Selain menginstall Web server keseluruhan di Unmanage VPS, panel gratis ini pun bisa menginstall Wordpress di VPS tanpa ribet.

yeah, EasyEngine adalah Web Panel gratis untuk Unmanage VPS, hanya dengan 2 command lines saja, blog Wordpress kamu sudah terpasang di VPS!

Persiapan Cara mudah Install EasyEngine Di Unmanage VPS

Pertama siapkan VPS yang sudah terintall OS Ubuntu 14.04 64 Bit. Sebenarnya bisa OS lain, tapi saya lebih suka OS ini :V

Terus, masuk ke SSH root lewat Putty dengan root password yang telah disediakan oleh pihak server.

Setelah masuk ke root, kamu tinggal eksekusi 2 baris command ini:

  1. wget -qO ee rt.cx/ee && sudo bash ee # install easyengine
  2. sudo ee site create example.com --wp # install wordpress on example.com

Yes, cukup 2 baris itu saja. Jangan lupa masukan nama dan email, serta ganti example.com dengan domain kamu.

Ups, sebelum jendela Putty ditutup, pastikan kamu telah menyimpan info user dan Pass Wordpress kamu ya friend!

Nah, untuk mengakses blog yang baru saja kamu install di Unmanage VPS dengan EasyEngine, menggunakan domain kamu, pastikan domainmu sudah terpointing dengan IP VPS ya. Jangan lupa untuk mengunjungi situs resmi EasyEngine di sini untuk mempelajarinya lebih dalam.

Ok, sekian tutorial: Cara Mudah Install Wordpress di VPS menggunakan Easy Engine, semoga bermanfaat.

Advertisement

0 Komentar